Ayo Semangat – Go…Go…Go!

oleh: James Ganda Sormin

JG-SorminBegitu pentingkah semangat dalam hidup ini? Bagi olahragawan, semangat merupakan faktor yang sangat penting untuk bisa memenangkan suatu pertandingan atau kompetisi. Tanpa semangat juang yang tinggi, akan sulit rasanya untuk bisa memperoleh hasil maksimal.

Sering kita jumpai, misalnya dalam sebuah pertandingan sepak bola, jika kemampuan teknis dari kedua tim sama maka yang membedakan adalah semangat juang. Tim yang lebih bersemangat akan dapat memenangkan pertandingan tersebut. Dalam hal inilah nyata peran dari supporter atau pemberi semangat dalam sebuah pertandingan sepak bola maupun bidang olah raga lainnya. Bahkan kita melihat banyak sekali supporter klub sepak bola di Indonesia yang sudah memiliki organisasi legal dengan tujuan memberikan semangat ketika tim kesayangannya bertanding.

Apakah semangat hanya dibutuhkan dalam bidang olah raga? Tidak, tentunya. Dalam keseharian kita sangat memerlukan semangat untuk menjalani hidup. Tidaklah mengherankan mengapa banyak sekali kita jumpai buku tentang motivasi atau membangkitkan semangat di toko-toko buku dan pada umumnya merupakan buku terlaris. Demikian juga dengan seminar-seminar tentang bagaimana melalui hidup dengan semangat.

Mengapa kita perlu semangat?

Jika perjalanan hidup kita lancar-lancar saja, mungkin kata “semangat” tidak memiliki arti apa-apa sebab kita tidak membutuhkannya. Namun kita tahu bahwa Tuhan tidak menjanjikan langit akan selalu biru tanpa awan gelombang, siang tanpa malam. Tuhan juga tidak menjanjikan perjalanan yang indah tanpa tantangan. Tetapi Tuhan menjanjikan akan memberi kekuatan, dalam hal ini merupakan semangat untuk melampaui segala pergumulan hidup yang pasti kita alami.

Oleh karena itu, semangat baru sangat berarti apabila kita dalam pergumulan hidup, pencobaan atau bahkan penderitaan. Dengan semangat orang dapat menanggung penderitaan; hilang kemauan itu, hilang juga segala harapan. Dalam kitab Ams. 18:14 dikatakan, “Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?”

Dari manakah kita memperoleh semangat?

Sebagai umat Tuhan, kita harus percaya bahwa Allah sendiri yang memberikan semangat kepada kita, seperti yang tertulis dalam kitab Yes. 40:29, “Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya.”

Terlebih lagi, Tuhan kita Yesus Kristus akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepada kita seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kita selama-lamanya. (Yoh.14:16)

Penolong yang dimaksud dalam hal ini ialah Roh Kebenaran, yaitu Roh Allah yang akan menyatakan kebenaran tentang Allah.

Oleh karena itu, meskipun kita mengalami penderitaan atau pencobaan, kita akan bisa melaluinya dengan tetap bersemangat. Pada akhirnya, kita akan dapat memahami bahwa semangat adalah kemampuan dari kita untuk melihat kenyataan-kenyataan dan merasakan suatu permasalahan adalah indah serta menganggap sakit dan kekurangan adalah untuk membuktikan apakah kita sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan atau tidak.

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.” (1Ptr.1:6-7)

One Response

  1. henry abdiel April 16, 2014

Leave a Reply